10 Tips Gaya Hidup Sehat

Tahun baru biasanya identik dengan janji-janji dan resolusi baru. Mulai dari resolusi menurunkan berat badan, olah raga teratur, sampai hidup sehat. Namun banyak hal yang bisa membuat resolusi Anda gagal. Nah, agar resolusi tetap awet terlaksana sepanjang tahun berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan!

Dengan banyaknya resolusi tahun baru yang tidak realistis seperti “Saya akan berhenti mengkonsumsi yang manis-manis,” atau “Saya akan berolah raga setiap hari,” tak heran jika hanya 40% – 46% orang saja yang sukses mewujudkan resolusi mereka setelah 6 bulan. Nah, untuk membuat resolusi Anda tetap bertahan (serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup), berikut 10 tips yang benar-benar bisa membuat resolusi Anda bertahan lama:

1. Perubahan Kecil = Perubahan Besar: Perubahan kecil ternyata dapat memberikan efek cukup besar, terutama bagi kesehatan dan menurunkan berat badan seseorang. Misalkan saja dengan mertimbangkan melakukan diet subsitusi, yaitu lebih memilih salad sebagai pengganti kentang goreng atau mengurangi dessert menjadi seminggu sekali. Hal itu ternyata memberikan efek yang begitu besar. Lagi pula dengan merencanakan sesuatu yang tidak terlalu besar, dijamin resolusi Anda dapat lebih bertahan lama dibandingkan dengan menahan diri dan memberlakukan banyak larangan.

2. Komitmen: Anda akan lebih sukses jika menuliskan semua tujuan Anda dan menaruhnya di tempat yang terlihat. Dengan begitu Anda akan selalu teringat niat Anda dan membacanya hampir setiap saat. Membagi resolusi Anda kepada teman-teman dan keluarga juga dapat menjadi langkah yang tepat, hal ini bisa menjadi pendorong semangat untuk meningkatkan keberhasilan sebuah resolusi.

3. Kurangi Minuman Berkalori: Meskipun minuman kurang mengenyangkan dan memuaskan dibandingkan makanan, namun dengan mengurangi minuman berkalori sebanyak 150 kalori merupakan cara yang termudah untuk membuang kalori tanpa meningkatkan rasa lapar. Beralihlah ke minuman yang penuh nutrisi seperti teh antioksidan atau 100% fruit juice.

4. Makan Pagi: Nikmati saat-saat sarapan pagi Anda dengan semangkok sereal gandum. Hal tersebut dapat mengurangi masuknya kalori dan membantu menurunkan berat badan.

5. Snack Sehat: Pilihlah buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai camilan untuk menurunkan berat badan. Snack sehat ini merupakan salah satu hal yang mempengaruhi jumlah kalori Anda. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi makanan berserat Anda akan selalu merasa tetap kenyang.

6. Buatlah Daftar Belanja: Buatlah daftar belanja setiap kali berbelanja, sehingga dapat mencegah Anda membeli sesuatu diluar rencana seperti snack misalnya. Dan saat Anda berada di toko bahan makanan, usahakan agar Anda langsung menuju ke tempat produk-produk segar, produk tanpa lemak, dan gandum.

7. Jadi Koki Untuk Diri Sendiri: Mengurangi makan di luar dan mencoba memasak sendiri di rumah tentunya selain lebih sehat akan mengurangi tambahan kalori dan lemak.

8. Menurunkan Berat Badan: Mereka yang memperhatikan apa yang mereka makan dan sering berolah raga biasanya lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Ambillah keuntungan dari program-program yang ditawarkan oleh online website dan mulailah untuk memperhatikan apa saja yang Anda makan dan berapa banyak Anda berolah raga.

9. Pilih Olah Raga yang Sesuai: Resolusi untuk melakukan olah raga merupakan salah satu yang sering gagal dilakukan. Hal tersebut dikarenakan resolusi yang dibuat terlalu memaksa dan bisanya tidak berhasil dicapai. Membuat olah raga sebagai salah satu bagian dari kegiatan sehari-hari akan mengarah pada keberhasilan. Lakukan saja aktivitas yang Anda sukai atau cobalah untuk ikut serta dalam event-event olah raga yang ada.

10. Buatlah Rencana Saat Gagal: Buatlah strategi untuk saat-saat kegagalan atau ketika melanggar resolusi yang Anda buat. Sehingga saat gagal Anda tidak langsung putus asa dan merasa semua usaha yang Anda lakukan sia-sia. Pikirkan cara melaksanakannya bukan kesempurnaan.

Selamat menjalani hidup sehat…..

Satu Tanggapan to “10 Tips Gaya Hidup Sehat”

  1. romailprincipe Says:

    wah..kalo soal berat badan ane kena nih..hehe..
    thanx..membuat semangat rendah kalori lagi..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s