Tips Aman Pengguaan Elpiji 3 kg Pertamina

Tips ini saya dapat dari buku Buku Pintar Petunjuk Aman Pengguaan Elpiji 3 kg Pertamina. Mungkin belum banyak yang punya buku petunjuk ini.

Sifat Elpiji.

1. Liquified Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA dengan brand ELPIJI, merupakan gas hasil produksi dari Kilang BBM dan Kilang Gas, yang komponen utamanya adalah gas propane (C3H8) dan butane (C4H10) kurang
lebih 97% dan sisanya adalah gas pentane yang dicairkan.
2. ELPIJI lebih berat dari udara dengan berat jenis sekitar 2.01 (dibandingkan dengan udara), tekanan uap ELPIJI cair dalam tabung sekitar 5.0 – 6.2 Kg/cm2
3. Zat merkaptan yang ditambahkan pada LPG dimaksudkan
untuk keselamatan dengan memberikan bau yang khas, sehingga kebocoran gas mudah diketahui dengan cepat.
4. ELPIJI PERTAMINA umum dipasarkan di masyarakat dalam kemasan tabung (3 kg, 12 kg, dan 50 kg).

BAGAIMANA MENGGUNAKAN LPG YANG AMAN DAN BENAR?

1. Gunakan peralatan ELPIJI (tabung, kompor, regulator dan selang)
sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI).
2. Kompor dan tabung ELPIJI ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi
udara yang baik.
3. Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis ELPIJI lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran ELPIJI akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.
4. Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun
kompor.
5. Tabung ELPIJI diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber
api lainnya dan harus diupayakan
tidak terpapar panas.
6. Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi knob regulator
mengarah ke bawah). Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung ELPIJI.                                                                                                                               7. Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.
8. Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang maupun regulatornya
dengan cara membasuh dengan
air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran (sambungan
regulator dengan valve tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas ELPIJI.
9. Rangkaian Kompor ELPIJI siap dan aman untuk digunakan.
10. Cara menggunakan kompor yang baik:
• Tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam.
• Putar knob sampai posisi off (ditandai dengan bunyi klik) bila selesai.

11. Tips khusus :
• Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tidak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut :

♥ Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menghidupkan
kompor harus diyakinkan »»tidak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jendela
terlebih dahulu. Bau khas ELPIJI tidak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.
♥ Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tidak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
• Jangan mencolok-colok valve tabung apabila ELPIJI tidak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat.
• Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.
• Jangan menghidupkan kompor jika tercium bau ELPIJI yang bocor.

Kalo mau lengkapnya download aja nih… dah disiapin ko…

DOWNLOAD Buku Pintar Petunjuk Aman Pengguaan Elpiji 3 kg Pertamina

Semoga bermanfaat.

9 Tanggapan to “Tips Aman Pengguaan Elpiji 3 kg Pertamina”

  1. ●●●ЄЯШЇЙ●●● Says:

    tips yg bermanfaat🙂

    • milimeterst Says:

      mudah²an…td baru aja tmn aq minta di positng tentang gas ini…

      • ●●●ЄЯШЇЙ●●● Says:

        siang malam kerja… kpn istirahat?

      • milimeterst Says:

        kejar setoran mba … hehehe
        td mlm sambil istirahat.. mba…

  2. hugobrahmantio Says:

    Iya deh ka seep…..aku juga senang dg tip ini

    • milimeterst Says:

      terimakasih pa anto…ini jugaide nya dari bpk.

  3. kanvasmaya Says:

    bener.. ikut ikutan mabk erwin.. tips yang bermanfaat…
    semoga kebelakang gak da lagi berita korban meledaknya elpiji

    • milimeterst Says:

      semoga … gan…

  4. wiangga0409 Says:

    duh, masih belumberani..

    saya pake lagi yang 1 kilo

    mau ganti dulu

    tapi trims for sharing this…

    salam :)))


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s