Trik Menggabungkan File MP3 Tanpa Program Tambahan

Tahukah Anda bahwa Windows punya baris perintah dasar yang bisa dipakai untuk menggabungkan dua atau lebih file MP3 dengan cepat tanpa program tambahan? Bila belum, silakan baca info singkat berikut ini. Setelah itu Anda akan bisa menggabungkan sendiri dua file .MP3 kesukaan Anda dengan cepat mudah dan murah, dijamin!

Windows disamping telah dikenal memiliki banyak celah keamanan ternyata cukup bermurah hati. Betapa tidak, ternyata ada salah satu baris perintah DOS yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih. Baris perintah yang saya bicarakan di sini adalah TYPE. Anda sudah pernah mengenalnya?

Pada dasarnya baris perintah yang diketik lewat mode Command atau MS-DOS ini berfungsi menampilkan konten dari file teks atau file tertentu. Tapi di balik itu ternyata dia memiliki kemampuan ekstra, yakni menggabungkan beberapa file menjadi satu. Keren!

Seorang rekan yang baik hati memperkenalkan trik ini pada saya. Dia mengatakan bahwa perintah Type bisa digunakan untuk menggabungkan dua file berformat .MP3 dengan perintah seperti berikut ini:

type [file-mp3-pertama] [file-mp3-kedua] [file-mp3-seterusnya] > [output-file-mp3]

Keterangan:

[file-mp3-pertama] : file pertama
[file-mp3-kedua] : file kedua
[file-mp3-seterusnya] : file ketiga dan seterusnya, pisahkan antara file satu dengan yang lainnya dengan spasi
[output-file-mp3] : file hasil penggabungan

Jadi jika saya punya file 001.mp3 dan 002.mp3 dan saya pengen gabungkan menjadi satu. Saya cuman perlu mengetik:

type 001.mp3 002.mp3 > output.mp3

Sekedar catatan, informasi file yang tercatat dalam daftar properties file adalah informasi yang diperoleh dari file pertama. Jadi meskipun masing-masing file tersebut punya atribut/tag bawaan yang berbeda hanya akan ada satu catatan yang dipertahankan, yakni atribut file terakhir.Dari sampel di atas saya coba kembangkan untuk file-file yang lain. Tipe file lain yang bisa digabungkan adalah TXT dan beberapa pecahan (baca = split ) file kompresi. Baik ukuran maupun isi file tergabung dengan sempurna. Suara file MP3 pun tersambung baik tanpa jeda.

Sementara untuk .DOC, .PDF, file image seperti .JPG dan .PNG tidak berhasil. Ukuran file output memang meningkat persis sejumlah ukuran total file namun isi maupun atributnya hanya menampilkan file pertama saja.

Terika kasih – Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s